Header Ads

Bahaya Jika Darah Haid Terlalu Sedikit

Bahaya Jika Darah Haid Terlalu Sedikit
Bahaya Jika Darah Haid Terlalu Sedikit

Berita Nasional - Biasanya para wanita sangat ketakutan jika darah haid berlebihan. Namun sebenarnya, darah haid yang terlalu sedikit yang patutu di waspadai. Penyebab haid tidak lancar adalah stress ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Namun bukan hanya itu, haid yang tidak lancar bisa juga di karenakan adanya penyakit. Sejumlah komplikasi kesehatan bisa saja terjadi bila Anda mengabaikan kondisi seperti ini.

Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi. Seiring dengan proses penuaan, semua wanita akan mengalami proses ini. Fase alami tersebut disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita.

Biasanya wanita yang mendekati menopause akan mengeluarkan darah kurang 30 ml hingga 50 ml selama menstruasi bulanan. Ini adalah kisaran yang normal. Jika seorang wanita mengeluarkan darah kurang 30 ml selama menstruasi bulanan, maka ada kemungkinan wanita tersebut mengalami hypomenorrhea.  Hypomenorrhea adalah kondisi darah menstruasi yang keluar relatif sedikit, lama menstruasi yang terjadi, sangat pendek.

Perhatikan jumlah pembalut yang terpakai setiap hari dan berapa hari perdarahan berlangsung untuk mengetahui Anda mengalami hypomenorrhea atau tidak. Jika saja, darah keluar kurang dari 3 hari dan jumlah pembalut untuk sepanjang hari hanya 1 - 2 pembalut, maka itu adalah hypomenorrhea. Hypomenorrhea harus segera di obati agar tidak berisiko dalam hal peningkatan berat badan dalam waktu singkat, infertilitas (ketidaksuburan), dan kanker ovarium.

Hypomenorrhea juga menunjukkan bahwa lapisan uterus Anda tipis. Rahim seorang wanita harus sehat karena itulah syarat kehamilan yang sehat. Dinding rahim yang tebal dan aliran oksigen tercukupi sangat di perlukan untuk bisa hamil.

Wanita yang berusia 40 - 50 tahunan mempunyai kemungkinan untuk mengalami haid yang terlambat. Walau sebagian besar wanita mengalami menopause, maka ada baiknya Anda mengecek ke dokter. Gangguan menstruasi bisa saja merupakan gejala kanker ovarium.

Jika Anda mengalami gangguan haid, akan lebih baik lagi bila Anda menjaga pola hidup yang sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur akan sangat membantu Anda. Dengan keseimbangan horman secara alami, maka Anda akan mengurangi gejala hypomenorrhea. Makanan yang bisa membantu melancarkan haid di antaranya yaitu kayu manis, pepaya, lidah buaya, dan biji wijen.

No comments